Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 26/11/2013, 11:22 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Jargon "64-bit" banyak terdengar sejak Apple meluncurkan iPhone 5S dengan prosesor A7. Jika arsitektur 64-bit menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan 32-bit, bagaimana dengan chip 128-bit?

ARM, arsitek prosesor yang hasil rancangannya dipakai oleh hampir seluruh chip mobile saat ini, berpendapat bahwa arsitektur 128-bit sama sekali tidak perlu.

Sebagaimana dilaporkan oleh Cnet, pernyataan ARM itu muncul setelah sebelumnya Korean Herald mengedarkan kabar bahwa perusahaan tersebut sedang mengembangkan chip 128-bit.

Hal tersebut kemudian dibantah oleh ARM dalam sebuah posting blog, di mana dijelaskan bahwa arsitektur 64-bit sudah memadai untuk "kebutuhan industri komputer sekarang dan bertahun-tahun ke depan".

Ditambahkan pula bahwa ARM tidak punya rencana membuat "chip 128-bit karena memang tidak diperlukan".

ARM sendiri baru saja mengumumkan duet core prosesor 64-bit miliknya yang bernama Cortex A57 dan A53 yang berbasis arsitektur ARMv8. Produk ini antara lain bakal dipakai oleh chip dari MediaTek.

Sejumlah produsen chip gadget lain juga telah menyatakan diri akan ikut serta membuat prosesor 64-bit, termasuk Samsung dan Nvidia. ARM mengatakan bahwa prosesor-prosesor dari pabrikan lain akan menyusul diperkenalkan dalam beberapa bulan ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke