Kompas.com - 03/12/2013, 15:49 WIB
Acara peluncuran Mobile Grapari Indonesia (MGI) di Jakarta, Jumat (16/8/2013). Dokumentasi TelkomselAcara peluncuran Mobile Grapari Indonesia (MGI) di Jakarta, Jumat (16/8/2013).
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Operator seluler Telkomsel saat ini memiliki 128 juta pengguna. Hingga akhir 2013, yang tak sampai 30 hari lagi, Telkomsel menargetkan dapat meraih 130 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut, pelanggan terbesar masih disumbang dari layanan prabayar. Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid mengatakan, pelanggan Simpati saat ini  55 juta sampai 60 juta, sementara pelanggan kartu AS  sebanyak 60 juta sampai 70 juta.

Salah satu layanan yang akan ditingkatkan adalah data (internet). Pelanggan data Telkomsel saat ini ada 60 juta, naik 40 persen daripada periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan signifikan pengguna data terjadi di kota yang memiliki banyak industri kreatif, seperti Bali, Yogyakarta, Medan, Surabaya, dan Makasar.

Mas’ud menjelaskan, Telkomsel tidak akan bermain lagi dalam perang tarif murah. ”Kalau perang tarif terus, nanti tidak bisa tumbuh dan layanannya menjadi jelek,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Untuk meningkatkan kualitas layanan, Telkomsel akan terus membangun base transceiver station (BTS). Tahun ini, Telkomsel membangun 15.000 BTS, yang membuat total BTS Telkomsel menjadi 67.000. Sejumlah 75 persen sampai 80 persen BTS tersebut sudah mendukung jaringan pita lebar (broadband).

”Tahun 2014 kami akan bangun 15.000 BTS lagi, terutama di Indonesia bagian timur,” katanya.

Menyikapi tahun 2014, Telkomsel menargetkan dapat menambah jumlah pelanggan menjadi 135 juta, dan layanan data tumbuh sebesar 30 persen sampai 40 persen menjadi 80 juta hingga 100 juta pelanggan data.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.