Firefox di Android Kini Tak Cuma Bisa "Googling"

Kompas.com - 12/12/2013, 10:09 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Android memang memiliki aplikasi browser bawaan sendiri. Meski demikian, browser-browser populer juga turut membuat aplikasi versi mobilenya, seperti Chrome, Opera, dan Firefox.

Bagi pengguna Firefox, Mozilla baru-baru ini meng-update browser versi mobile mereka untuk Android. Dikutip dari Techcrunch, Rabu (11/12/2013), browser Firefox mendapat pembaruan Home Screen.

Kini di home screen terdapat akses cepat untuk membuka halaman-halaman situs web yang sering dikunjungi. "History" dan "bookmark" juga lebih gampang diakses.

Tak lupa Mozilla juga menambahkan fitur Reading List agar membaca teks di browser menjadi lebih nyaman.

"Homescreen baru Mozilla ini dibuat untuk memberikan pengalaman browsing yang mengalir dan lebih cepat," ujar pernyataan resmi Mozilla.

Browser baru ini diperkenalkan Oktober lalu dalam versi Beta, dan Mozilla mengklaim telah mendapatkan feedback yang positif dan segera merilisnya, baik untuk smartphone maupun tablet.

Password manager milik Firefox kini juga mendukung script-generated password. Namun, satu hal yang belum diperbaiki oleh Mozilla adalah aplikasi Flash yang kadang tidak bisa berjalan di Firefox menggunakan Android 4.4 KitKat.

Selain itu, Mozilla juga memberi pengguna mobile pilihan antara Bing dan Yahoo sebagai situs pencarian. Selama ini pengguna Firefox mobile hanya disuguhi dengan pencarian Google.

Belum jelas apakah Mozilla memiliki kesepakatan profit-sharing dengan Bing dan Yahoo atau tidak.

Sementara update Firefox untuk versi PC di Windows, Mac, dan Linux fokus pada kendala keamanan. Kini aplikasi plug-in seperti Flash, Silverlight, dan QuickTime telah dikunci karena dinilai memiliki risiko keamanan. Semua plug-in yang berbeda dari add-on kini memiliki fitur "click to play" secara default.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.