YouTube "Meledak", Pendirinya Kaya Mendadak

Kompas.com - 21/12/2013, 18:01 WIB
Logo YouTube GoogleLogo YouTube
|
EditorWicak Hidayat
Bagian keempat dari seri Tiga Serangkai Pendiri YouTube.

KOMPAS.com - Popularitas YouTube yang terus menanjak menarik perhatian banyak pihak. Penyandang dana seperti Sequoia Capital masuk mulai November 2005. Puncaknya, YouTube dibeli oleh Google pada November 2006.

Google mengakuisisi YouTube dengan saham senilai total USD 1.65 miliar ketika itu. Tentunya para pendiri ketiban jumlah yang sangat besar juga.

Berikut adalah nilai kekayaan yang diraup ketiga pendiri YouTube, menurut laporan New York Times di 2007:

  • Chad Hurley, CEO YouTube saat akuisisi, memperoleh 694.087 lembar saham plus 41.232 dalam bentuk trust. Nilai totalnya (pada 2007) mencapai lebih dari USD 345 juta.
  • Steven Chen memperoleh 625.366 lembar plus 68.721. Nilai totalnya USD 326 juta.
  • Jawed Karim, yang ketika itu sudah tidak di YouTube, memperoleh 137.443 lembar dengan nilai total USD 64 juta.

Pihak lain yang juga diuntungkan dari penjualan YouTube adalah penanam modal Sequoia Capital. Lewat Sequoia Capital XI, jumlah sahamnya ketika itu mencapai 941.027. Ini artinya, investasi mereka yang senilai USD 11,5 juta telah berlipatganda menjadi USD 442 juta.

Dan patut dicatat, nilai kekayaan yang disebutkan di atas dapat dicapai oleh YouTube dan pemodalnya dalam waktu tidak sampai dua tahun sejak YouTube didirikan.

Tulisan ini adalah bagian dari seri Tiga Serangkai Pendiri YouTube, simak bagian lainnya:
1. Benarkah YouTube Berawal dari PayPal?
2. YouTube, Dimulai dari Gagal
3. Kekuatan Komunitas Roketkan YouTube
4. YouTube "Meledak", Pendirinya Kaya Mendadak
5. Pendiri YouTube dan "The American Dream"



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X