Perbaiki Peta, Apple Caplok Dua Perusahaan

Kompas.com - 27/12/2013, 10:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ketika diminta menunjukkan jalan ke bandara Fairbanks, Alaska, Apple Maps malah menandu pengemudi melintasi landas pacu. Sebaliknya, Google Maps (kanan) memberikan petunjuk yang benar dan mengarahkan pengguna ke tempat parkir kendaraan.

KOMPAS.com - Aplikasi peta Apple Maps terkenal banyak masalah, mulai dari salah penempatan lokasi hingga menyesatkan pengguna yang mengikuti petunjuk arah dari aplikasi tersebut.

Nah, menurut laporan yang dilansir oleh TechRadar, tahun ini Apple disinyalir telah membeli dua perusahaan dalam rangka meningkatkan kualitas aplikasi yang bersangkutan. Dua perusahaan tersebut adalah BroadMap dan Catch.

BroadMap adalah perusahaan pemetaan, sementara Catch adalah penyedia layanan note-taking berbasis lokasi serupa Evernote.

Akuisisi Apple atas BroadMap kabarnya dilakukan pada paruh pertama 2013. Apple menolak berkomentar mengenai hal ini, namun sejumlah pegawai BroadMap telah menuliskan "Apple" sebagai nama perusahaan tempat mereka bekerja sekarang.

Ada kemungkinan bahwa Apple membeli BroadMap untuk mendapatkan sumber daya manusia di perusahaan itu, juga basis data BroadMap yang berisi informasi geografis.

Hubungan antara Apple dengan Catch tak terlalu jelas. Perusahaan ini pernah membuat aplikasi Android bernama "Compass" yang memungkinkan pengguna menambah catatan tentang sebuah tempat berdasarkan informasi lokasi.

Catch ditutup pada Agustus lalu setelah para eksekutifnya mengatakan bakal mengambil "arah berbeda" untuk perusahaan. Namun, nama Catch dipromosikan dengan gencar di Apple App Store, situs web Apple, dan acara-acara Apple.

Sejumlah sumber mengatakan bahwa sebagian pegawai Catch, termasuk pendirinya, kini terlibat dalam pengembangan aplikasi iOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.