2014, Apa yang Bakal Dilakukan BlackBerry?

Kompas.com - 31/12/2013, 17:57 WIB
CEO BlackBerry, John Chen The Walt Disney CompanyCEO BlackBerry, John Chen
Penulis Deliusno
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com — Di pengujung tahun 2013, John Chen, CEO baru BlackBerry, kembali angkat bicara. Melalui situs berita CNBC, Chen banyak bercerita mengenai strategi bisnis yang akan dijalankan BlackBerry di tahun depan.

Chen mengawali tulisannya dengan mengatakan bahwa banyak pesaing yang memanfaatkan cerita negatif tentang BlackBerry di masa lalu. Namun, Chen tak akan fokus pada masa lalu, ia memilih untuk fokus pada BlackBerry di hari ini dan masa yang akan datang.

Chen mengungkap fakta bahwa saat ini BlackBerry memiliki posisi keuangan yang kuat. Selama dua bulan menjabat, Chen juga mengaku berhasil menemukan strategi yang tepat untuk menyelamatkan BlackBerry dari keterpurukan.

"Kurang dari dua bulan, tim BlackBerry dan saya telah merencanakan sebuah strategi baru untuk menstabilkan perusahaan, kembali ke kekuatan inti dalam dunia enterpise dan keamanan, dan memaksimalkan efisiensi," tulis Chen.

Fokus di dunia enterprise dan keamanan

Chen menjelaskan fokus baru mereka adalah dunia enterprise, messaging, QNX, dan bisnis perangkat keras. Setelah fokus tersebut tercapai, BlackBerry akan mulai beralih ke fokus lainnya, yaitu software dan layanan.

Chen juga mengklaim bahwa BlackBerry masih menjadi pemimpin di dunia enterprise. Menurutnya, perusahaan Kanada itu punya pengalaman membuat produk yang lebih aman ketimbang para kompetitornya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat berbicara enterprise, kami masih menjadi pemimpinnya. Jangan tertipu dengan klaim retorika kompetitor yang menyatakan mereka lebih aman dan lebih berpengalaman dari BlackBerry," ujar Chen.

Chen juga menggarisbawahi bahwa ponsel BlackBerry masih menjadi pilihan utama, bahkan tidak tergantikan di kalangan Pemerintah AS. Menurutnya, hanya ada satu perangkat yang mendapat status "Boleh Digunakan" di Departemen Keamanan AS, yaitu BlackBerry.

"Ini artinya, Departemen Keamanan AS hanya boleh menggunakan BlackBerry. Di seluruh dunia, tujuh dari tujuh pemerintahan G-7 juga merupakan pelanggan BlackBerry," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X