Kompas.com - 08/01/2014, 09:43 WIB
Maskot Android KitKat Dokumentasi Sundar Pichai, kepala produk Android dan Chrome, via Google Maskot Android KitKat
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google tak hanya membawa Android ke perangkat smartphone, tablet, atau wearable gadget, tapi ke tingkat lebih lanjut, yaitu ke dalam kabin-kabin mobil masa depan.

Upaya yang sama telah dilakukan Apple dengan memperkenalkan iOS in the Car, mengintegrasikan perangkat-perangkat Apple dalam dashboard mobil.

Namun pendekatan yang dilakukan Google adalah dengan membuat konsorsium yang anggotanya adalah beberapa produsen mobil top dunia, seperti General Motor (GM), Honda, Audi, dan Hyundai. Konsorsium yang dibangun Google ini dinamakan Open Automotive Alliance.

Selain pabrikan mobil, Google juga menggandeng produsen chip Nvidia. Bersama-sama, mereka akan fokus mengembangkan sistem hiburan dengan OS Android, yang didesain langsung untuk digunakan di dalam mobil.

Seperti dikutip dari The Verge, Rabu (7/1/2014), mobil pertama yang memiliki integrasi dengan Android akan diluncurkan pada akhir 2014.

Saat ini konsorsium tersebut baru fokus pada pengembangan fitur-fitur untuk Android yang memudahkan pengembang untuk membuat aplikasinya agar nyaman dipakai di dalam mobil. Aplikasi-aplikasi pengembang diharapkan akan memiliki "Car Mode" di masa mendatang.

Open Automotive Alliance juga mengklaim telah bekerjasama dengan National Highways Traffic Safety Administration (NHTSA) untuk memastikan agar sistem tersebut aman digunakan di dalam mobil. Tujuan utamanya adalah membawa pengalaman Android ke dalam mobil dengan cara yang senyaman dan seaman mungkin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, pabrikan mobil dalam konsorsium ini tidak terikat sepenuhnya dengan Google. Seperti Honda yang telah lama bekerjasama dengan Apple, dan General Motor dengan merek Chevrolet-nya, yang akan memperkenalkan App Store dalam mobil keluaran 2015 mendatang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.