Kompas.com - 21/01/2014, 11:37 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Intel berencana melakukan perampingan jumlah tenaga kerja di seluruh dunia pada tahun 2014. Ini merupakan upaya Intel mempertahankan bisnis di tengah penjualan komputer pribadi yang terus menurun.

Dari 107.000 karyawan di seluruh dunia, Intel akan memangkas 5.000 karyawan atau setara dengan lima persen. Pengumuman itu dilontarkan setelah Intel membukukan laporan kuartal keempat 2013.

“Ini adalah bagian untuk menyelaraskan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan bisnis,” kata juru bicara Intel, Chris Kraeuter, seperti dikutip dari Reuters.

Program pengurangan karyawan termasuk tawaran pensiun, sukarela, dan pilihan lainnya.

Intel masih mendominasi industri prosesor komputer pribadi. Tetapi, Intel lambat mengembangkan produknya di industri prosesor perangkat mobile. Sekarang, industri prosesor ponsel pintar dan tablet didominasi oleh Qualcomm, Samsung, MediaTek dan lainnya.

Intel berusaha mengejar ketertinggalannya dari para kompetitor di industri mobile dengan membuat prosesor yang membutuhkan konsumsi daya rendah. Selain itu, Intel akan meningkatkan investasi di industri data center.

Intel bukan satu-satunya perusahaan yang terkena dampak turunnya industri komputer pribadi. Hewlett-Packard juga sedang melakukan perampingan dengan memutus 34.000 pekerja hingga 2014, atau 11 persen dari total tenaga kerjanya.

Sementara itu, Dell, berusaha membeli kembali seluruh sahamnya dari bursa saham, agar menjadi perusahaan privat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.