Kompas.com - 28/01/2014, 07:02 WIB
|
EditorWicak Hidayat
Digital Trends Logo Chromebook di Acer C7

KOMPAS.com Google kembali mengadakan kompetisi tahunan Pwnium. Tahun ini menjadi tahun keempat diadakannya kompetisi hacking ini. Pwnium akan diselenggarakan pada Maret 2014 dengan iming-iming hadiah uang jutaan dollar AS.

Untuk mendapatkan hadiah tersebut, peserta ditantang untuk mencari celah keamanan sistem operasi buatan Google, Chrome OS.

Peserta akan mendapatkan 150.000 dollar AS jika sukses menerobos halaman web yang menggunakan Chromebook terinstal.

Sementara hadiah sebesar 110.000 dollar AS disiapkan bagi hacker (peretas) yang bisa menyusup ke dalam browser atau keseluruhan sistem dari akun guest user dalam Chrome OS.

Google juga menyiapkan bonus lain yang signifikan jika peretas berhasil melakukan serangan-serangan lain, hingga 2,7 juta dollar AS.

"Kompetisi Pwnium yang lalu fokus pada perangkat Chrome OS berbasis Intel, tetapi kali ini berbeda," terang Google Security Engineer, Jorge Lucagngeli Obes.

"Peserta bisa memilih antara Chromebook berbasis ARM, HP Chromebook, atau Acer C720 Chromebook yang berbasis arsitektur mikro Intel Haswell," imbuh Obes.

Kontes Pwnium, diakui Obes, membantu membuat Chrome semakin aman, seperti dikutip dari Digital Trends (25/1/2014). Dalam kompetisi Pwnium pada 2013, tidak ada peserta yang berhasil menembus pertahanan Chrome OS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.