Kompas.com - 02/02/2014, 10:29 WIB
|
EditorWicak Hidayat


KOMPAS.com - BlackBerry baru saja meluncurkan update terbarunya untuk sistem operasi BlackBerry 10 (BB10). Dengan versi 10.2.1 tersebut, smartphone BlackBerry bisa menjalankan aplikasi Android melalui file .APK.

Namun, baru-baru ini beredar video yang menunjukkan bahwa untuk menjalankan aplikasi Android, smartphone BlackBerry sebenarnya menjalankan OS Android di dalam sistem operasi QNX-nya.

Bahkan, dalam video tersebut juga ditunjukkan bahwa sebenarnya dimungkinkan untuk menjalankan antarmuka Android secara penuh dengan meng-Install Nova Launcher.

Video yang diunggah oleh user id tomtechish tersebut seperti memperlihatkan bahwa BB10 pada dasarnya adalah Android 4.2.2 yang telah ditelanjangi. Artinya, beberapa komponen asli Android ditanggalkan, seperti Phone dialer dan aplikasi serta layanan inti milik Android.

Layanan Google Play juga tidak disertakan, walau pengunggah video tersebut telah mencoba meng-install Google Play Store dengan metode sideloading, namun pada akhirnya ternyata malah crashed.

Dari video tersebut, Android Authority (29/1/2014) menyimpulkan bahwa kondisi BlackBerry saat ini sedang benar-benar bergantung pada Android, bukan hanya dengan BlackBerry Messenger saja, namun juga dengan menambah pengalaman penggunaan BB10.

Jika terus-terusan seperti ini, bisa jadi di masa mendatang BlackBerry benar-benar menanggalkan BB10 secara penuh, atau memberikan dual-boot dengan membeli sertifikasi aplikasi Google Play.

BB10 yang menjalankan antarmuka Android bisa dilihat di video di bawah ini, atau tautan berikut ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.