Microsoft Galau dengan Antarmuka Windows 8

Kompas.com - 02/02/2014, 16:34 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Semenjak diluncurkan pada Oktober 2012, Windows 8 telah mendapatkan beberapa perbaikan dari Microsoft, termasuk versi 8.1 yang diperkenalkan Microsoft satu tahun semenjak peluncurannya.

Kini, Microsoft kembali menyiapkan pembaruan untuk sistem operasi Windows 8.1 yang disebut dengan Update 1. Microsoft masih menggodog update apa saja yang akan diberikan, namun beberapa rumor sudah bermunculan. Salah satunya terkait dengan tampilan antarmuka utama sistem operasi itu.

Selama ini muncul kebingungan di tengah pengguna Windows 8, terutama pengguna desktop. Tak heran, karena Windows 8 dari semula dibuat Microsoft untuk mengantisipasi pasar yang menuju ke era mobile.

Salah satu ciri khas Windows 8 adalah antarmuka yang dulu dikenal dengan nama "Metro" yang menampilkan Live Tile di layar utama. Secara default, live tile akan ditampilkan setelah sistem menyala.

Rumor yang beredar mengatakan bahwa Microsoft akan mengganti antarmuka Live Tile dengan tampilan desktop Windows secara default setelah boot up. Demikian dilansir dari The Verge (30/1/2014).

Pilihan boot-to-desktop yang diaktifkan secara default tersebut akan mem-bypass layar kotak-kotak khas Windows 8 selama ini. Hal ini akan tercakup dalam Update 1 yang akan dirilis Microsoft dalam waktu dekat.

Dengan pergantian antarmuka ini, Microsoft seolah mengkhianati konsep asli Windows 8 yang mengandalkan teknologi layar sentuh.

Windows 8 didesain dengan konsep untuk dipakai dalam perangkat bergerak seperti tablet atau perangkat detachable, dengan mengoptimalkan interaksi layar sentuh.

Masalahnya, banyak pengguna yang masih mengandalkan keyboard dan mouse, dan berinteraksi dalam environment desktop yang menyerupai Windows 7.

Sebelumnya dalam update Windows 8.1, Microsoft mendengarkan banyak permintaan penggunanya dan mengembalikan tombol Start ke Windows 8. Walau fungsinya tak seperti yang mereka harapkan.

Microsoft mungkin harus memikirkan ulang lagi konsep Windows 8 untuk pengguna desktop. Dalam Update 1 nanti, kabarnya Microsoft juga akan membuat agar aplikasi Metro bisa dijalankan di jendela yang terpisah dalam desktop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.