Kompas.com - 05/02/2014, 14:15 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kepopuleran game Flappy Bird ternyata menarik banyak perhatian media, berbagai situs berita di Internet menulis fenomena ini.

Tak terkecuali media satir yang ingin mendompleng kepopuleran Flappy Bird dengan membuat berita bohong (hoax), seperti yang dilakukan situs huzlers.com.

Situs tersebut memberitakan bahwa remaja 17 tahun bernama Jabari Wright ditusuk hingga tewas oleh adiknya, Gary Wright, gara-gara berselisih soal skor dalam game Flappy Bird.

Diberitakan, Jabari yang berhasil mencapai skor lebih tinggi, 17 poin, mengejek adiknya, Gary yang belum bisa menandinginya. Gary yang baru berhasil meraih 6 poin pun kesal hingga menusuk Jabari sebanyak 17 kali, sesuai poin yang diraih kakaknya tersebut

Sepintas berita tersebut nampak nyata dengan foto tim koroner yang sedang mengangkut jasad Jabari ke dalam ambulans. Kabar bohong beserta foto tersebut kini beredar viral di media sosial, seperti Facebook dan Path.


Foto palsu terkait Flappy Bird yang dilansir situs Huzlers.com.
Namun, jika melihat deskripsi yang ditulis Huzlers dalam situsnya, mereka mengatakan bahwa Huzlers adalah situs berita yang mengombinasikan kabar mengejutkan dan satir, agar pengunjungnya berada dalam kondisi tidak percaya.

"Huzlers.com is a combination of real shocking news and satire news to keep its visitors in a state of disbelief." Demikian tulis Huzlers di situsnya.

Komentar-komentar yang di-posting pembaca pun banyak yang meragukan keakuratan berita tersebut.

Sebelumnya, dilansir dari Latin Times, Sabtu (4/2/2014), Huzlers juga menjadi biang keladi kehebohan Internet saat mengabarkan bintang Vine, Lil Terio yang diculik pada tahun 2013. Semenjak itu, Huzler menjadi terkenal membuat berita bohong yang impresif.

Nampaknya, selain tertarik dengan berita seputar sosial media, kini Huzzlers juga mengincar game mobile dengan membuat berita palsu yang membuat khalayak Internet dunia terkejut dengan kabar bohong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.