Kompas.com - 09/02/2014, 17:12 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Perangkat wearable Google Glass tampaknya sudah diminati untuk digunakan pada ranah hukum. Sebuah kepolisian di Amerika Serikat dikatakan tertarik untuk menggunakan alat tersebut untuk bekerja.

Adalah Kepolisian Kota New York yang dikatakan berminat dengan Google Glass. Salah satu dari divisi kepolisian tersebut dikatakan sudah mendapatkan dan mulai mengevaluasi perangkat ini. Dikatakan, mereka ingin menggunakan kacamata pintar ini untuk kegiatan penyelidikan

Kepolisian Kota New York dikabarkan telah mendapatkan dan sedang mengevaluasi, apakah Google Glass dapat digunakan untuk pekerjaan kepolisian, seperti menyelidiki kegiatan teroris atau menangkap kriminalis.

"Kami mendaftar, mendapatkan beberapa pasang kacamata Google, dan kami mencobanya, melihat apakah mereka memiliki nilai dalam penyelidikan, kebanyakan untuk keperluan patroli," kata wakil kepolisian kepada situs VentureBeat, Jumat (7/2/2014).

Pihak Google sendiri mengaku tidak bekerjasama menyediakan Google Glass tersebut kepada pihak kepolisian. Kepolisian tampaknya mendapatkan produk ini melalui program Google Glass Explorer.

"Program Google Glass Explorer melibatkan orang-orang dari semua lapisan masyarakat, termasuk dokter, pemadam kebakaran, dan orangtua. Semua orang dapat mendaftar untuk menjadi Glass Explorer, asalkan ia merupakan penduduk AS dan berusia lebih dari 18 tahun," kata perwakilan Google.

Saat ini, satu-satunya cara untuk mendapatkan Google Glass adalah melalui program Google Glass. Pertama-tama, peminat harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Setelahnya, peminat akan mendapatkan notifikasi dari Google. Jika disetujui, peminat harus membayar sebesar 1.500 dollar AS untuk "menebus" kacamata pintar ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.