Kamera Mirrorless Autofokus Tercepat Hadir di Indonesia

Kompas.com - 06/03/2014, 08:24 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Pada hari yang sama dengan peluncuran smartphone Xperia Z2, Sony Indonesia meluncurkan duet kamera mirrorless a6000 dan a5000 ke pasaran Tanah Air.

A6000 adalah kamera mirrorless yang diklaim memiliki kinerja autofokus tercepat di dunia dengan catatan waktu 0,06 detik.

"Dengan kecepatan 'hybrid' AF yang sangat cepat itu, Anda bisa bebas menangkap momen-momen yang ada. Kecepatannya melebihi kamera-kamera DSLR model entry level," ujar Satoru Arai, Presiden Direktur Sony Indonesia dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

A6000 yang dilengkapi konektivitas WiFi dan NFC ini merupakan penerus kamera Sony NEX-6 yang datang dengan sejumlah peningkatan.

Salah satu peningkatannya, sistem AF A6000, mengalami penambahan titik AF dari 99 pada NEX-6 menjadi 179. Sony juga menanamkan sensor baru yang memiliki resolusi 24 megapixel dan prosesor Bionz X seperti yang terdapat pada seri mirrorless full-frame Sony A7 dan A7R.

A6000 mempertahankan desain fisik yang mirip dengan NEX-6. Bedanya, exposure mode dan control dial kini tak lagi disusun bertumpuk, melainkan diposisikan secara berdampingan.

Jendela bidik elektronik (EVF) pada A6000 juga memiliki resolusi yang lebih kecil, yaitu 1,44 megapixel berbanding 2,36 megapixel pada NEX-6.

Adapun A5000 merupakan model yang diposisikan persis di bawah a6000. Kamera mirrorless yang diklaim teringan di dunia dengan bobot 210 gram ini dibekali tilting touchscreen LCD berukuran 3 inci yang bisa ditekuk 180 derajat menghadap ke depan, sensor 20 megapixel, serta konektivitas WiFi dan NFC.

Kedua kamera menandai berakhirnya branding "NEX" pada produk mirrorless Sony.

Sony A5000 dijadwalkan akan mulai tersedia pada pertengahan Maret 2014 dengan harga mulai Rp 6 juta untuk versi kit dengan lensa 16-50 f/3.5-5.6.

Pihak Sony Indonesia belum mengumumkan informasi harga dan ketersediaan untuk A6000, tapi kamera tersebut dipastikan bakal hadir pada kuartal ke-2 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.