Kompas.com - 06/03/2014, 10:51 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Pesan pop-up yang akan muncul pada 8 Maret untuk mengingatkan pengguna Windows XP agar melakukan upgrade OS

KOMPAS.com — Tinggal sebulan lagi sebelum masa dukungan terhadap Windows XP akan diputus oleh Microsoft pada 8 April 2014. Raksasa software itu pun makin gencar mengimbau pengguna OS lawas tersebut agar melakukan upgrade sistem operasi.

Sebagai bagian dari upaya terbarunya, sebagaimana dilaporkan oleh The Verge, Microsoft berencana menyalurkan pesan pop-up ke komputer Windows XP yang tersambung ke internet dan disetel untuk melakukan update software secara otomatis.

Pesan tersebut bakal "mengagetkan" pengguna Windows XP pada 8 Maret mendatang. Di dalam pesan berisi pengingat untuk melakukan upgrade OS tersebut, turut dicantumkan tautan yang akan membawa pengguna ke situs web berisi informasi mengenai berakhirnya masa dukungan teknis terhadap Windows XP.

Pesan pop-up ini akan kembali muncul pada tanggal 8 setiap bulannya apabila pengguna Windows XP masih belum melakukan upgrade OS.

Microsoft juga akan merilis tool software untuk membantu pengguna memindahkan data dari komputer Windows XP ke perangkat baru yang berbasis Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1. Tool yang dikembangkan oleh Laplink ini akan menyalin file, musik, video, e-mail, profil pengguna, dan setting dari PC lama ke PC baru.

Terakhir, untuk pengguna yang bingung apakah komputernya menjalankan Windows XP atau tidak, Microsoft turut menyediakan sebuah situs yang akan memberikan jawabannya.

Windows XP sudah beredar selama 13 tahun sejak diluncurkan pada 2001 lalu. Begitu Microsoft menghentikan dukungan teknis pada 8 April 2014, lubang-lubang sekuriti pada sistem operasi ini tak akan ditambal lagi sehingga berpotensi membuka celah keamanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.