Kompas.com - 08/03/2014, 10:59 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Apple dan BlackBerry ternyata menjalin "kerja sama" untuk mengembangkan software di sektor otomotif. Software yang dimaksud adalah Apple CarPlay, sebuah sistem mirip iOS namun khusus digunakan di dalam mobil.

CarPlay merupakan antarmuka yang menghubungkan ponsel pintar iPhone dengan mobil untuk menjalankan berbagai fungsi informasi dan hiburan di dalam kendaraan, misalnya mengganti saluran radio atau mengakses layanan perintah suara Siri.

Menurut informasi yang diwartakan Time, CarPlay ternyata berjalan di atas platform QNX yang tak lain dimiliki oleh BlackBerry sejak 2010 lalu. Sebelum berpindah menjadi sistem operasi ponsel pintar, QNX telah lebih dahulu digunakan di industri otomotif.

BlackBerry sebelumnya juga memanfaatkan QNX sebagai basis sistem operasi tablet BlackBerry PlayBook yang gagal mencapai sukses di pasar global. Kini, QNX digunakan untuk membangun dan mengembangkan sistem operasi BlackBerry 10 yang tertanam di jajaran ponsel pintar terbaru BlackBerry.

"Kami memang memiliki hubungan panjang dengan Apple untuk memastikan koneksi berkualitas tinggi dengan perangkat-perangkat mereka. Kemitraan ini berlanjut ke dukungan untuk Apple CarPlay," ungkap juru bicara BlackBerry, Paul Leroux, kepada N4BB.

Apple sendiri telah menjalin kerjasama dengan sejumlah produsen mobil untuk mengaplikasikan CarPlay di kendaraan. Nama-nama yang termasuk di dalamnya adalah Ford, General Motors, Honda, Hyundai, BMW, Kia, Nissan, dan Toyota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber N4BB,Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.