XL Luncurkan XKoin untuk Pecinta Game Online

Kompas.com - 27/03/2014, 13:13 WIB
Lebih dari separuh remaja yang diteliti bermain video games setiap hari. BBC IndonesiaLebih dari separuh remaja yang diteliti bermain video games setiap hari.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah bertumbuhnya industri game online di Indonesia, perusahaan telekomunikasi XL Axiata memanfaatkan momentum tersebut dengan meluncurkan XKoin, sebuah mekanisme pembelian kredit game melalui potong pulsa dan voucher isi ulang pulsa XL, Rabu (26/3/2014).

Melalui layanan ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan pengisian kredit game dengan pemotongan pulsa, bahkan tanpa perlu memiliki nomor XL. Layanan XKoin dapat diakses dengan cara mengirim SMS atau mengakses situs web resmi XL.

“Kami melihat perkembangan industri game online yang pesat sebagai peluang dan sarana terbaik untuk mendekatkan XL dengan pecinta game, sekaligus untuk mewujudkan komitmen XL dalam mengembangkan layanan digital entertainment,” kata Dian Siswarini, Direktur Teknologi & Layanan Digital XL Axiata.

XL memprediksi ada sekitar 25 juta orang di Indonesia yang gemar memainkan game online. Dalam permainan game online, pengguna kerap membeli konten digital dalam aplikasi untuk membeli senjata, poin, nyawa, hingga peta petualangan.

Saat ini, menurut XL, ada sekitar 80 persen pengguna game online yang mendapatkan kredit game dari voucher fisik dan sisanya dari internet banking serta kartu kredit. Nah, layanan XKoin ini diharapkan bisa memberi kemudahan kepada pengguna dalam memanfaatkan saldo pulsa XL.

Berdasarkan data IDC pada 2013, total pendapatan industri game bisa mencapai 150 juta dollar AS di mana 60 persen di antaranya berasal dari game berbasis komputer pribadi, 36 persen berasal dari game sosial (termasuk dari game di Facebook), dan 4 persen dari game berbasis perangkat mobile.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.