Kompas.com - 28/03/2014, 08:15 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Rumor yang mengatakan Microsoft akan menyediakan paket aplikasi perkantoran Office untuk tablet Apple iPad sudah beredar sejak 2 tahun silam. Rumor itu terbukti bukan isapan jempol belaka, karena Microsoft telah resmi meluncurkan Office untuk iPad pada Kamis (27/3/2014) dalam sebuah jumpa pers di San Francisco, Califonia, Amerika Serikat.

Office untuk iPad tersedia di Apple App Store mulai hari ini. Di dalamnya terdapat aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint.

Paket aplikasi ini bisa diunduh gratis untuk sekadar membuka/melihat dokumen dan menyajikan presentasi. Sementara jika pengguna membutuhkan aplikasi Office yang bisa mengedit dokumen, maka harus merogoh kocek untuk biaya berlangganan Office 365 yang memanfaatkan media penyimpanan data online.

Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi Office Mobile untuk iPhone. Namun, secara umum, Office versi iPad memiliki lebih banyak fitur, sementara Office untuk iPhone hanya memfasilitasi beberapa pengolahan dokumen secara dasar.

General Manager Microsoft untuk Produk Office, Julia White, menunjukan bagaimana teks akan secara otomatis menyesuaikan diri jika pengguna memasukkan sebuah gambar di aplikasi Office untuk iPad.

Di aplikasi Excel terdapat fitur untuk membentuk grafik yang bisa berubah secara otomatis jika pengguna mengubah persentase dalam sebuah kolom. Microsoft juga menyediakan fitur untuk mempermudah penjumlahan dan rumus di iPad, serta ada keyboard virtual dengan format numerik.

Begitu juga dengan aplikasi PowerPoint yang memberi dukungan untuk mengedit deck slide dan bisa langsung dimanfaatkan untuk presentasi. "Ini jelas bukan aplikasi Office untuk Windows yang di-porting ke iPad," kata White, seperti dikutip dari The Verge.

Paket aplikasi Office untuk iPad dikabarkan sempat membuat perpecahan dalam tubuh Microsoft. Karena, ada pihak yang tidak merelakan aplikasi perkantoran populer itu hadir di platform kompetitor. Sementara para investor berpendapat Microsoft tidak bisa selamanya membelenggu Office.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.