Penjual Aplikasi Android Bajakan Dituntut 5 Tahun Penjara

Kompas.com - 01/04/2014, 10:03 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dua orang terdakwa kasus pembajakan aplikasi mobile terbukti bersalah telah menyebarkan aplikasi Android bajakan. Kasus ini menjadi kasus tuntutan hukum pertama dalam hal pelanggaran hak karya cipta untuk aplikasi mobile.

"Kasus ini menjadi kasus pertama yang ditangani Departemen Kehakiman AS terhadap seseorang yang menyebarkan aplikasi mobile secara ilegal," ujar pejabat Kejaksaan Agung AS, David O'Neill, seperti dikutip dari Digital Trends.

Dalam sidang di pengadilan New York, Nicholas Anthony dan Thomas Allen Dye yang ditangkap pada 24 Januari lalu dinyatakan bersalah karena telah menyebarkan sekitar satu juta aplikasi Android bajakan melalui online market Appbucket.

Toko aplikasi online Appbucket sendiri diketahui melakukan praktik ilegal menjual aplikasi bajakan pada tahun 2012. Pemerintah AS kemudian menutup toko aplikasi tersebut dan menangkap orang-orang di baliknya.

Selain Appbucket, keduanya juga menyebarkan aplikasi bajakan tersebut di toko online lain seperti Snappzmarket dan Applanet. Total nilai kerugian yang ditaksir dari penyebaran aplikasi bajakan tersebut mencapai 700.000 dollar AS.

"Kedua orang tersebut melanggar hak karya cipta orang lain saat mereka bersama orang-orang lainnya di belakang Appbucket menditribusikan lebih dari satu juta copy aplikasi bajakan," terang O'Neill.

Narbone berperan sebagai pemimpin yang menggerakkan operasi, sementara Dye menjadi konspirator. Kini keduanya dijadwalkan mendengarkan putusan hukuman pada 12 Juni 2014. Mereka menghadapi tuntutan penjara 5 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.