Kompas.com - 08/04/2014, 17:02 WIB
Antarmuka baru Hera untuk update Android berikutnya Android PoliceAntarmuka baru Hera untuk update Android berikutnya
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Walau sistem operasi Android KitKat baru saja diperkenalkan, dan belum banyak diadopsi banyak perangkat, namun Google dikabarkan sedang mempersiapkan sistem antarmuka baru yang bisa jadi dimunculkan dalam versi 4.5.

Proyek yang diberi nama "Project Hera" tersebut dilaporkan Android Police (6/4/2014) disiapkan Google sebagai jembatan antara OS Chrome dan Android.

Hera adalah sistem operasi chromium yang dibangun agar bisa berjalan di Android, dan bisa menjalankan perintah melalui web baik untuk aplikasi Google maupun pihak ketiga.

Dengan Project Hera, maka pengguna Android diharapkan bisa melakukan berbagai hal dengan berbagai perangkat, entah itu aplikasi Android, Chrome, atau aplikasi berbasis web.

Dari bocoran foto yang dimuat di situs Android Police, antarmuka Hera mirip dengan tampilan Google Now yang menggunakan desain seperti tumpukan kartu (card-based) yang menunjukkan aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Tentu saja, kartu tambahan juga bisa diberikan untuk setiap layanan Google.

Android Police
Aplikasi Gmail ditampilkan dalam antarmuka Hera

Walau demikian, belum bisa disimpulkan bahwa Google akan menyatukan Chrome dan Android. Google hanya berusaha untuk memberikan pengalaman yang serupa saat pengguna menatap layar yang berbeda.

Hal yang sama juga mulai dilakukan Microsoft dengan universal apps-nya. Dengan aplikasi tersebut, pengembang bisa membuat satu aplikasi yang bisa dijalankan di semua perangkat, entah PC/laptop, tablet, atau smartphone.

Google belum mengumumkan kapan akan memperkenalkan Hera sebagai update Android terbaru ke publik. Bisa jadi Google memperkenalkannya di ajang I/O 2014 beberapa bulan lagi. Namun bisa juga Google menunggu hingga akhir tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.