17 April, Tenggat Pemegang Merek untuk Amankan "Dot ID"

Kompas.com - 10/04/2014, 11:49 WIB
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) Aditya Panji/Kompas.comPengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi)
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com -- Pemegang merek di Indonesia telah diberikan hak istimewa pada Periode Sunrise untuk mendaftarkan dan membeli domain internet "Apapun.id" sejak 20 Januari hingga 17 April 2014. Setelah melewati tanggal itu, pemegang merek tak lagi diberi keistimewaan mendapatkan domain internet yang sesuai dengan merek dagangnya.

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), selaku pihak yang mengatur domain internet di Indonesia, mengingatkan agar para pemegang merek memanfaatkan Periode Sunrise yang waktunya hanya tersisa sepekan ini.

Ketua Pandi Sigit Widodo menjelaskan, pemilik merek yang belum mendapatkan sertifikat merek dari Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan formulir pendaftaran merek yang dikeluarkan oleh Ditjen HKI.

"Jadi sebetulnya tidak sulit mendaftarkan nama domain sesuai merek pada Periode Sunrise ini," ujarnya saat dihubungi KompasTekno, Kamis (10/4/2014).

Jika nanti pendaftaran dan pembelian domain "Apapun.id" telah memasuki periode kedua atau Periode Grandfather (21 April sampai 13 Juni 2014), maka pemegang merek tak lagi diprioritaskan.

Lebih lanjut Sigit mengatakan, Periode Grandfather memprioritaskan pembelian domain internet berakhiran .id kepada mereka yang telah memiliki domain tingkat dua (DTD) yang berakhiran .co.id, .or.id, .web.id, .my.id, dan sebagainya.

"Artinya, kalau ada seseorang bernama Sony dan sebelumnya sudah punya domain sony.my.id, dia akan lebih berhak mendaftarkan nama domain sony.id ketimbang pemegang merek Sony," jelas Sigit.

Hingga 10 April 2014, sudah ada 300 nama domain internet berakhiran .id yang didaftarkan dan dibeli oleh para pemegang merek. Data tersebut bisa dilihat pada situs web Domain.id dengan mengklik banner di bawah ini.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X