Kompas.com - 20/04/2014, 11:16 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Menurut riset yang dilakukan App Annie, jumlah unduh aplikasi di Google Play Store pada kuartal pertama 2014 lebih tinggi dibanding jumlah unduh di Apple App Store. Walau demikian, App Store mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi untuk pengembang aplikasi. Bagaimana bisa?

Riset yang dilakukan App Annie menunjukkan bahwa dalam kuartal pertama 2014, jumlah unduh aplikasi Play Store lebih tinggi 45 persen dibanding App Store. Di kuartal sebelumnya pun Play Store lebih unggul 35 persen dibanding App Store.

Namun, jika melihat dari jumlah keuntungan yang didapat, toko aplikasi milik Apple tersebut justru mengungguli toko aplikasi Google.

Dikutip dari Phone Arena (16/4/2014), selama periode Januari hingga Maret 2014, aplikasi iOS mendatangkan keuntungan 85 persen lebih banyak dibanding jumlah pendapatan yang diterima pengembang aplikasi dalam Google Play Store.

Walau memimpin dengan margin keuntungan yang tinggi, namun menurut survei App Annie, kesenjangan pendapatan yang diterima pengembang pada kedua toko aplikasi populer tersebut kian mengecil, termasuk di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Di kuartal pertama 2014 lalu Google Play mendapatkan pertumbuhan keuntungan sebesar 55 persen di pasar AS, dan 25 persen di Inggris.

Google sangat bergantung pada pasar di negara-negara berkembang dalam memasarkan aplikasinya. Sebab, di pasar tersebut, harga ponsel pintar Android dijual lebih murah dan mengalahkan penjualan iPhone.

Game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh. Tiga dari empat aplikasi teratas di App Store adalah game. Bahkan, di Play Store, aplikasi game mendominasi sebesar 90 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.