Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ChatGPT Bisa Edit Hasil Foto Dall-E di Web, Android, dan iOS

Kompas.com - 05/04/2024, 19:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) OpenAI merilis fitur baru untuk chatbot AI bikinannya, ChatGPT.

Kini, pengguna bisa mengedit gambar yang dihasilkan mesin AI text-to-image Dall-E 3 di ChatGPT. Sebelumnya, pengguna ChatGPT dapat memanfaatkan Dall-E 3 untuk menghasilkan gambar dari perintah teks.

Namun, pengguna tidak bisa mengedit gambar tersebut apabila kurang sesuai dengan perintah yang diberikan.

Adapun OpenAI mendemonstrasikan cara kerja fitur edit foto Dall-E di ChatGPT lewat media sosial X (dahulu Twitter).

Dalam video yang diunggah akun dengan handle @OpenAI, terlihat pengguna menuliskan perintah "Anjing ras Poodle mengatakan selamat ulang tahun" kepada Dall-E.

Baca juga: OpenAI Rilis Dall-E 3, AI untuk Bikin Gambar via ChatGPT

Dall-E memberikan dua gambar anjing Poodle berwarna putih dengan nuansa pesta ulang tahun, mulai dari kado, topi, balon, dan hiasan lainnya.

Pengguna pun mengedit gambar tersebut dengan memilih foto yang ingin diubah, kemudian menekan tombol kuas bertuliskan "Select".

Setelah menekan tombol itu, pengguna diarahkan untuk menyeleksi area yang ingin diubah. Pengguna memilih untuk menyeleksi kedua telinga anjing itu, kemudian menuliskan "Tambahkan pita" di kolom chat yang tersedia.

Dall-E membutuhkan sekitar 30 detik untuk memproses perintah itu. Pada akhirnya, mesin AI tersebut memberikan hasil pengeditan foto kepada pengguna, yakni anjing Poodle yang mengenakan pita dalam pesta ulang tahun.

Pengeditan ini dilakukan tanpa mengubah komponen foto lainnya.

Fitur saran preset

Selain fitur mengedit gambar, Dall-E kini menawarkan saran gaya prasetel (preset/template) yang bisa menginspirasi pengguna saat berkarya.

Saran ini akan muncul di atas kolom chat Dall-E. Preset ini bermacam-macam, mulai dari sudut pandang rendah (low angle), close-up, gaya gambar tangan (hand-drawn), Sci-fi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: ChatGPT Kini Bisa Digunakan Tanpa Perlu Daftar Akun

Setiap preset ini akan mengubah gaya foto, misalnya Sci-fi yang membuat foto memiliki tema luar angkasa, atau low angle yang membuat foto diambil dari bawah subjek.

Deretan preset ini bisa diganti dengan mengeklik tombol yang tersedia di sebelah kanan preset.

Dalam demonstrasi OpenAI di X, pengguna memilih preset Sci-fi sebagai tema gambar yang ingin dibuat. Berikutnya, pengguna pun menambahkan deskripsi "Beruang kutub sedang liburan", memilih rasio aspek foto, dan menunggu hingga foto selesai diproses.

Dall-E memberikan dua pilihan foto berbeda, keduanya sama-sama menggambarkan beruang kutub yang sedang berlibur di kota futuristis.

Kedua fitur terbaru Dall-E 3 ini sudah tersedia di ChatGPT versi web, Android, dan iOS, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (5/4/2024).

Pengguna harus berlangganan layanan ChatGPT Plus yang dibanderol seharga 20 dollar AS (Rp 318.140) per bulan, untuk menjajal fitur baru ini.

Sebab, Dall-E 3 hanya tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus saja, sedangkan pengguna gratis tidak kebagian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com