Kompas.com - 25/04/2014, 14:33 WIB
Facebook afpFacebook
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Facebook telah mengakuisisi ProtoGeo, sebuah perusahaan pembuat aplikasi mobile bernama Moves yang dapat melacak jumlah langkah pengguna dan mengukur kalori yang terbakar, Kamis (24/4/2014). Langkah ini membantu Facebook untuk masuk dalam teknologi pemantau kesehatan.

Perusahaan jejaring sosial itu tidak mengungkap nilai yang dikeluarkan untuk membeli ProtoGeo yang berasal dari Helsinki, Finlandia. Perusahaan yang baru berusia 2 tahun tersebut saat ini memiliki 10 karyawan.

Juru bicara Facebook mengatakan kepada Reuters, bahwa CEO ProtoGeo Sampo Karjalainen, telah bekerja di kantor pusat Facebook di Menlo Park, California, AS, mulai pertengahan April 2014.

Teknologi pemantau kebugaran manusia nampaknya akan menjadi tren di masa depan, karena manusia semakin memerhatikan kesehatan.

Perusahaan macam Fitbit, Jawbone, dan Nike, lebih dulu membuat perangkat gelang digital yang mampu mengukur aktivitas dan kebugaran penggunanya.

Nah, dengan mengakuisisi ProtoGeo, Facebook tak perlu lagi membuat perangkat gelang digital atau jam tangan pintar yang dapat memantau kebugaran pengguna. Facebook cukup membuat aplikasi yang terhubung dengan sensor di ponsel pintar atau gelang digital guna melacak detak jantung, mengukur jarak langkah, dan sebagainya.

ProtoGeo mengklaim Moves telah diunduh lebih dari 4 juta kali di iPhone dan Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akuisisi menjadi langkah strategis Facebook dalam mendapatkan sebuah teknologi masa depan dan untuk memperkuat bisnis.

Akuisisi besar Facebook dalam industri teknologi dimulai ketika membeli Instagram pada April 2012 seharga 1 miliar dollar AS. Februari 2014, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu mengakuisisi aplikasi pesan instan WhatsApp seharga 19 miliar dollar AS. Beberapa pekan kemudian, giliran produsen headset virtual reality Oculus VR dibeli seharga 2,3 miliar dollar AS.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.