Inmarsat Tawarkan Pelacakan Pesawat Gratis

Kompas.com - 13/05/2014, 09:38 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Berkaca dari kejadian yang menimpa maskapai Malaysia Airlines nomor penerbangan MH370 yang hilang sejak 8 Maret lalu, operator satelit Inmarsat menawarkan layanan pelacakan pesawat secara gratis untuk semua maskapai.

Menurut Inmarsat, layanan gratisnya tersebut bisa digunakan maskapai untuk mendapatkan informasi posisi pesawat secara tepat.

Selain posisi, pelacakan yang dilakukan Inmarsat juga mengandung informasi penting lain, seperti ketinggian jelajah, kecepatan, dan heading (arah) pesawat.

Dikutip dari BBC (12/5/2014), jaringan satelit yang dimiliki Inmarsat bisa menyampaikan informasi-informasi tersebut di atas setiap 15 menit sekali.

"Peralatan kami sudah digunakan oleh 90 persen pesawat berbadan lebar di dunia saat ini, dan update ini juga tidak membutuhkan biaya sama sekali," ujar Senior Vice President Inmarsat, Chris McLaughlin.

Selama ini, metode komunikasi yang banyak digunakan oleh maskapai dengan pesawatnya adalah dengan teknologi ACARS (Aircraft Communications Addressing and Reporting System).

Namun, mahalnya biaya operasional dalam menggunakan ACARS juga dikeluhkan banyak maskapai. Karena itu, kini dibutuhkan solusi yang mudah dan murah.

Inmarsat sendiri mengatakan, untuk menyediakan layanan gratis tersebut, pihaknya harus mengeluarkan dana sekitar 3 juta dollar per tahunnya. Jika maskapai ingin mendapatkan layanan premium, maka mereka bisa berlangganan penuh.

Inmarsat mengaku berhasil mendapatkan lokasi terakhir pesawat MH370 berdasar ping elektronik yang dipancarkan oleh peralatannya yang terpasang dalam pesawat nahas tersebut.

"Handshake" antara pemancar milik Inmarsat dengan stasiun di darat yang terjadi tiap jam dijadikan sebagai penentu lokasi keberadaan pesawat.

Hingga kini, pesawat jenis Boeing 777-300ER milik Malaysia Airlines tersebut masih belum diketemukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.