Kompas.com - 13/05/2014, 11:42 WIB
Fitur 'bisu' ini mulai diperkenalkan kepada sejumlah pengguna. BBCFitur 'bisu' ini mulai diperkenalkan kepada sejumlah pengguna.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Twitter telah menguji coba fungsi Mute sejak Mei 2014 lalu. Kini, pada Senin (12/5/2014), Twitter mengatakan fitur Mute tersebut akan segera tersedia dalam versi mobile dan desktop.

Fitur Mute menurut Twitter diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan
Twitter experience bagi penggunanya.

Kadang kala, pengguna Twitter memang dihadapkan pada pilihan yang dilematis. Akun yang di-follow sering berkicau tentang hal-hal yang menurut mereka tidak penting atau mengganggu. Namun, karena suatu alasan, mereka tidak bisa unfollow akun tersebut, dan merelakan tweet-tweet-nya muncul di linimasa.

Nah, untuk itulah fitur Mute ini diperkenalkan oleh Twitter. Mute bisa digunakan untuk "membungkam" kicauan-kicauan akun tertentu berikut Retweet-nya tanpa harus unfollow. Selain menyembunyikan update tweet dari akun yang di-mute, pengguna juga tidak akan lagi mendapatkan SMS atau push notification dari akun bersangkutan.

Dalam blog resmi Twitter yang dibuat pada Senin kemarin, Twitter menulis bahwa pengguna yang "dibungkam" tersebut tetap bisa melihat kicauan, retweet, dan favorit dari "pembungkamnya." Atau dengan kata lain, mereka tidak sadar jika sedang di "Mute."

Untuk membungkam pengguna dari perangkat iOS dan Android, atau dari browser web, pengguna bisa mengakses menu Option More lalu Mute @username (di mana @username adalah nama akun yang dikehendaki). Untuk membungkam seseorang dari halaman Profile-nya, pilih Option (ikon roda bergerigi), lalu pilih Mute @username.

Berbeda dengan fungsi Blocked, fungsi Mute tetap memungkinkan user yang di-mute melihat aktivitas timeline.

Update fitur Mute untuk Twitter di Android, iOS, dan Twitter.com akan segera dirilis dalam beberapa minggu ke depan secara bertahap untuk pengguna di seluruh negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.