Kompas.com - 22/05/2014, 12:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Enam orang warga negara Iran ditahan pihak kepolisian setempat. Gara-garanya, mereka mengunggah video tarian di YouTube saat mendengarkan lagu "Happy" milik artis Pharell Williams. Video itu pun beredar secara viral melalui berbagai akun jejaring sosial.

Video tarian mungkin bagi kebanyakan orang dianggap biasa saja. Namun dalam video tersebut, tiga orang perempuan (sisanya laki-laki) yang terdapat dalam video terlihat tidak mengenakan hijab (kerudung kepala).

Video wanita Iran yang sedang menari tanpa mengenakan hijab itu pun menjadi heboh dan beredar viral di negara tersebut. Sebagaimana diketahui, Iran merupakan negara yang menegakkan hukum syariat Islam, yang salah satunya mengatur agar kaum wanita harus mengenakan hijab di tempat-tempat umum.

Video tersebut menurut Mashable (20/5/2014), telah mendapat lebih dari 200 view di situs berbagi video YouTube. Walau video aslinya telah dibuat private, namun beberapa pengguna YouTube lain ada yang mengunggahnya kembali.

Menurut Negar Mortazavi, jurnalis berkewarganegaraan Iran yang tinggal di Washington D. C, video tersebut setidaknya melanggar tiga norma yang berlaku di negara tersebut, yaitu tidak mengenakan hijab, menari-nari di tempat umum, serta lelaki dan perempuan yang berkumpul bersama.

Berita penangkapan keenam pelaku video tarian itu pun disiarkan oleh televisi pemerintah Iran pada Selasa (20/5/2014). Pihak kepolisian juga menghimbau agar perilaku mereka seharusnya dihindari dan jangan ditiru.

Kabar penangkapan keenam warga Iran itu pun pun memicu dukungan moral dari kalangan netizen. Bentuk dukungan itu salah satunya diwujudkan melalui hashtag #FreeHappyIranians di Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mashable


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.