Kompas.com - 26/05/2014, 16:17 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Diagram penjelasan dalam paten Apple mengenai aplikasi kristal safir pada gadget

KOMPAS.com - iPhone generasi ke-6 dari Apple ramai dikabarkan bakal mengusung layar yang dilapis bahan kristal safir anti gores.

Belum lagi hal ini dipastikan, muncul kabar bahwa Samsung, pabrikan Korea Selatan yang merupakan rival berat Apple, bakal melakukan hal serupa di produk smartphone buatannya.

Laporan tersebut muncul lewat situs Korea ETnews yang dikutip oleh GSM Arena. Samsung disebut sudah meminta sampel dari produsen kaca berbahan safir.

Selain Samsung, vendor lainnya, LG, juga disinyalir tertarik mengadopsi safir sebagai pelapis anti-gores di layar gadget.

Kedua produsen asal Korsel tersebut kabarnya sudah mulai melirik kristal safir sejak tahun lalu, namun mengurungkan niat memakainya karena ongkos produksi yang membengkak.

Kristal safir disebut-sebut memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap goresan ketimbang material pelapis Gorilla Glass dari Corning yang banyak dipakai pada smartphone saat ini.

Namun, harganya juga lebih mahal. Corning sempat mengemukakan bahwa kristal safir tak cocok dipakai untuk layar gadget karena produksi yang sulit dan harga mahal.

Apple menjadi salah satu produsen pertama yang memakai kristal safir pada gadget, yakni sebagai elemen lensa kamera dan pelapis sensor sidik jari pada iPhone. Pabrikan ini juga telah mematenkan teknologi penerapan safir pada layar smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.