Pembelian Beats oleh Apple Ancam Pendapatan Artis

Kompas.com - 30/05/2014, 13:18 WIB
Produk headphone buatan Beats Electronics AP PhotoProduk headphone buatan Beats Electronics
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Apple telah mengonfrmasi niatnya untuk membeli Beats dengan nilai 3 miliar dollar AS. Kabar ini justru membuat kreator musik dan musisi menjadi khawatir, terutama artis-artis baru yang belum dikenal luas.

Alasannya, seperti dilaporkan situs Bloomberg (29/5/2014), mereka takut jika makin banyak konsumen yang hanya melakukan streaming musik, alih-alih mengunduh, akan mengurangi pendapatan mereka.

Zoe Keating, seorang pencipta musik dan pemain celo yang berasal dari Kanada mengatakan, "Pendapatan download dari iTunes membantu saya membayar tagihan tiap bulannya."

Keating juga mengatakan, "Kecuali jika Anda seorang artis musik terkenal atau mega bintang, maka Anda tentunya bisa hidup tanpa pendapatan dari streaming atau download lagu-lagu Anda di iTunes."

Berubahnya model bisnis Apple untuk iTunes, dari mengunduh menjadi streaming adalah satu hal yang dtakutkan banyak artis-artis kecil. "Kami ingin Apple lebih peduli dengan artis kecil, mengungkap cerita kami dan tetap mempertahankan pembelian lagu," imbuh Keating.

Sementara di sisi lain, Eddy Cue selaku Apple Senior Vice President mengatakan bahwa pembelian Beats justru akan memperkuat layanan Apple. "Dari streaming dengan iTUnes Radio hingga layanan berlangganan berkelas dalam beats, dan tentunya membeli musik dari iTunes Store seperti yang dilakukan para konsumen selama ini."

Namun, menurut lembaga survei IDC, layanan streaming kian kemari justru makin digemari, sementara mengunduh lagu sudah mulai ditinggalkan oleh para konsumen. Pendapatan dari streaming juga lebih kecil dibanding mengunduh lagu.

Pengakuan Keating pun seolah mempertegas hasil survei itu. Menurut pengakuannya, pendapatannya dari layanan streaming musik jauh lebih kecil dibanding dari hasil download. Tahun lalu ia mendapatkan 38 ribu dollar AS dari penjualan lagu di iTunes.

Sementara dari tiga situs layanan download lagu lain, Keating berhasil mendapatnkan 34 ribu dollar AS. Namun, dari lima situs layanan streaming, termasuk Spotify dan Pandora, Keating hanya mendapatkan 6 ribu dollar AS saja.

Baca tentang


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X