Google Siapkan Fitur "Hubungan Jarak Dekat"

Kompas.com - 10/06/2014, 08:32 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com -Google dilaporkan sedang mengembangkan fitur baru di Android bernama Nearby. Fitur ini memungkinkan sebuah ponsel atau tablet yang berada dalam jarak dekat dapat terhubung dan berinteraksi.
 
Situs teknologi Android Police melaporkan, fitur ini bakal memudahkan pengguna yang berada di satu lokasi yang sama untuk saling berbagi data atau informasi. Selain itu, fitur itu juga memungkinkan pengguna mendapatkan penawaran dari toko-toko terdekat.
 
Nearby memang dapat membuat ponsel dan tablet jauh lebih cerdas, membiarkan mereka berinteraksi dengan apa yang ada di sekitar tanpa campur tangan pengguna. Google juga dilaporkan akan mengizinkan pengembang aplikasi untuk memanfaatkan fitur Nearby, dengan harapan ekosistemnya akan berkembang.
 
Belum diketahui secara pasti bagaimana antara perangkat Android bisa berinteraksi. Namun, Android Police melaporkan, fitur Nearby di Android dapat secara otomatis mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, bahkan mikrofon.
 
Jika benar demikian, fitur itu bisa jadi bakal menimbulkan masalah privasi karena ada kekhawatiran beberapa pihak melakukan perekaman data atau lokasi pengguna.
 
Menurut laporan, Nearby rencananya akan diumumkan dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2014, akhir bulan Juni 2014.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.