Kompas.com - 23/06/2014, 07:50 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Google sedang mempertimbangkan investasi baru di bidang kabel laut yang melintasi Samudera Pasifik. Langkah ini akan menguntungkan Google untuk memperlancar dan mengamankan lalu lintas internet ke layanannya.

Seorang sumber yang dekat dengan rencana ini mengatakan kepada The Wall Street Journal, upaya ini dilakukan Google untuk menghubungkan pusat datanya di Oregon, Amerika Serikat, menuju Jepang.

Google merasa perlu mengamankan informasi penting yang tersimpan di pusat data mereka dan memastikan bahwa pihak di luar jaringannya tidak dapat mengakses informasi perusahaan.

Selama ini, sejumlah jaringan Google masih memanfaatkan jaringan publik, yang memungkinkan beberapa pihak dapat mengakses dan terhubung dengan jaringan-jaringan lain.

The Wall Street Journal melaporkan, sebelumnya Google pernah berinvestasi sebesar 300 juta dollar AS untuk ikut dalam proyek pembangunan kabel laut tahun 2010.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.