Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2014, 17:59 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Konferensi tahunan Google I/O tahun ini mulai digelar di San Francisco, Rabu (25/6/2014). Di ajang tempat bertemunya Google dengan para pengembang Android ini, Google mengungkap sejumlah pengumuman tentang produk dan layanannya yang akan segera dirilis.

Sejauh ini, sistem operasi baru, Android L menjadi pusat perhatian utama para pengembang. Namun, di luar itu, Google juga memiliki beberapa pengumuman penting lainnya yang tidak bisa dilewatkan, seperti Google TV dan Google Auto.

Selain itu, Google juga memberikan update terakhir tentang posisi Android di pasar mobile global. Apa saja pengumuman-pengumuman yang dibuat Google di ajang I/O tahun ini? Berikut adalah ringkasannya.

Android One

Google memulai dengan melakukan pengumuman tentang program Android One. Pada dasarnya, Android One adalah program smartphone Android murah yang menyasar pasar di negara-negara yang sedang berkembang.

Dengan Android One, Google ingin membuat smartphone murah yang memiliki kualitas yang bisa dikontrol. Karena itu, Google membuat beberapa persyaratan hardware yang harus dipatuhi oleh vendor yang tertarik membuat perangkat Android One.

Menurut The Next Web (25/6/2014), perangkat Android One pertama direncanakan diluncurkan di India. Di negara tersebut, Google telah merangkul vendor Micromax dan Karbonn untuk memproduksi smartphone Android di bawah 100 dollar AS.

Android L Developer Preview

Android L adalah sebutan Google untuk versi Android berikutnya, setelah versi 4.4 KitKat. Android L memiliki fitur antarmuka yang sama sekali baru, disebut Material Design.

Dengan Material Design, pengembang kini bisa membuat aplikasi dengan tipografi dan warna yang bisa berubah-ubah. Selain itu, dengan tool Polymer, pengembang bisa membuat animasi yang lebih halus hingga 60 fps.

Fitur lain yang diperkenalkan Google melalui Android L adalah cara menampilkan notifikasi, fitur autentikasi berbasis konteks, dukungan komputasi 64-bit, dan Android Extension Pack baru yang mendukung grafis 3D.

Sementara untuk membantu memperpanjang umur baterai, Google membuat Project Volta yang bisa menganalisa pola penggunaan baterai dan meningkatkan daya konsumsi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.