Kompas.com - 01/07/2014, 17:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Tampilan tombol Start menu yang akan dihadirkan Microsoft dalam updtae Windows 8.1 selanjutnya

KOMPAS.com - Windows 9 yang dikenal dengan kode nama “Threshold” diperkirakan baru akan meluncur pada 2015.

Namun, pengguna diperkirakan sudah bisa mencicipi sistem operasi baru besutan Microsoft itu lewat versi public review yang akan dirilis menjelang akhir tahun ini.

Sumber internal yang dikutip ZDNet mengatakan bahwa Windows 9 nantinya bakal mengusung perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan, baik untuk pengguna desktop maupun perangkat mobile.

Saat beroperasi di PC dengan mouse dan keyboard, misalnya, Windows 9 akan menitikberatkan lingkungan desktop.

Sementara saat digunakan di tablet atau smartphone, sistem operasi lintas perangkat ini justru tidak akan memiliki tampilan desktop, melainkan antarmuka khusus touchscreen (yang dulu dikenal dengan julukan Metro), meski tetap mendukung multi-tasking side-by-side.

Adapun Windows 9 yang berjalan di perangkat 2 in 1 bakal menyesuaikan antarmuka sesuai dengan ada tidaknya keyboard yang terpasang.

Disebutkan pula bahwa Windows 9 memiliki opsi untuk mematikan Start Screen, berikut dengan interface live tiles di layar tersebut.

Windows 9 disinyalir bakal tersedia sebagai opsi update Gratis untuk para pemilik Windows 8.1, dan bahkan Windows 7 Service Pack 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.