Menjajal Si Ramping Galaxy Tab S

Kompas.com - 04/07/2014, 13:12 WIB
Samsung Galaxy Tab S versi 10,5 inci oik yusuf/ kompas.comSamsung Galaxy Tab S versi 10,5 inci
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Samsung Galaxy Tab S versi 10,5 inci

KOMPAS.com - Pertengahan Juni, tablet terbaru Samsung, Galaxy Tab S, resmi diperkenalkan di New York, Amerika Serikat. Perangkat ini pun dijadwalkan akan segera hadir di Indonesia pada bulan Juli 2014.

Galaxy Tab S tersedia dalam dua pilihan ukuarn layar, yakni 8,4 inci dan 10,5 inci. Di samping ukuran layar itu, spesifikasi keduanya terbilang serupa.

Nah, seperti apa tablet yang disebut Samsung sebagai produk “premium flagship” ini? Ikuti ulasan singkat KompasTekno berikut.

Ramping

Dari sisi desain, product Marketing Senior Manager Samsung Mobile Indonesia Selvia Gofar mengatakan bahwa Galaxy Tab S mengusung bentuk yang mirip dengan gadget mobile lain dari Samsung.

Tampang tablet tersebut sekilas memang mirip dengan smartphone Galaxy S5 yang diperbesar, dengan tombol home di sisi muka yang diapit dua softbutton “back” dan “multitasking”.

Bagian belakangnya pun menggunakan plastik bertekstur bintik-bintik ala Galaxy S5 yang terasa kesat di tangan, mirip bahan karet. Di sisi ini terdapat unit kamera 8 megapixel yang dilengkapi LED flash dan dua buah lubang untuk menempelkan aksesori berupa casing.

oik yusuf/ kompas.com
Tampak depan Galaxy Tab S versi 8,4 inci
oik yusuf/ kompas.com
Tampak belakang Galaxy Tab S versi 8,4 inci

Galaxy Tab S versi 8,4 inci terasa sangat ringan ketika digenggam. Tak heran, karena beratnya kurang dari 300 gram. “Kakaknya” yang berukuran 10,5 inci jelas lebih berat, namun ketipisan keduanya sama, hanya mencapai 6,6 mm.

Galaxy Tab S pun memegang rekor “tertipis” untuk tablet bikinan Samsung. “Tebalnya kurang lebih sama dengan lima buah kartu kredit,” Selvia menjelaskan kepada jurnalis yang hadir di sesi hands-on Galaxy Tab S di Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Tablet ini memang terlihat sangat ramping ketika dilihat dari sisi samping yang memuat tombol-tombol kontrol dan slot untuk kartu memori dan SIM card.

Port konektor micro-USB dan jack audio 3,5 inci ditempatkan di sisi bawah, dekat tombol Home. Tombol Home ini mempunyai pemindai sidik jari seperti halmya Galaxy S5 dan bisa dipakai untuk mengunci tablet.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X