Kompas.com - 12/08/2014, 11:23 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tampilan situs Brown List

KOMPAS.com - Lama tak terdengar, John McAfee, pendiri perusahaan antivirus McAfee, membuat kejutan dengan tampil di konferensi hacker Defcon di Las Vegas, AS, Jumat (9/8/2014) lalu.

Di sana, dia mengumumkan telah membikin sebuah perusahaan baru bernama The Brown List. Perusahaan itu menyediakan layanan "curhat" online di alamat www.thebrownlist.com.

Pengunjung BrownList bisa mengeluhkan aneka macam unek-unek yang muncul akibat masalah di sebuah organisasi, perusahaan, atau institusi pemerintah. BrownList kemudian akan meneruskan keluhan itu ke institusi terkait, lalu menunggu respon selama 24 jam.

Setelahnya, keluhan bakal dipublikasi untuk dilihat oleh pengunjung lain, yang kemudian bisa mengusulkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

"Ini mengalihkan kemarahan lewat cara yang positif. Ketimbang hanya marah-marah, meneriaki orang lain atau istri, Anda bisa login ke situs (BrownList)," kata McAfee dalam konferensi, sebagaimana dikutip oleh Reuters.

McAfee berencana menghasilkan uang dari BrownList dengan cara menawarkan jasa langganan ke para pemilik bisnis, tetapi dia tidak menjelaskan layanan dimaksud secara lebih detail. Kini dia sedang mencari investor untuk mendanai BrownList.

McAfee pernah menjadi pusat perhatian ketika pada 2012  lalu dia kabur dari rumahnya di Belize, sebuah negara di Amerika Tengah, setelah polisi mencari dia untuk ditanyai seputar kasus pembunuhan yang terjadi di rumah tetangganya.

Dia mendirikan perusahaan McAfee, pelopor software antivirus komputer, pada 1987. Tahun 2010, perusahaan McAfee dibeli oleh Intel Corp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.