Twitter Terancam Ditinggal Penggunanya

Kompas.com - 20/08/2014, 13:43 WIB
Tampilan baru Twitter untuk di desktop. Tampilan baru Twitter untuk di desktop.
|
EditorReza Wahyudi

 

KOMPAS.com - Fitur dan kebijakan baru satu persatu ditambahkan Twitter dalam jejaring sosialnya. Namun, fitur-fitur tersebut justru mendapat kritikan dari pengguna dan dianggap telah menyimpang jauh dari Twitter yang selama ini mereka kenal.

Seperti kebijakan baru yang baru-baru ini diambil oleh Twitter dalam menampilkan kicauan yang di-favorit oleh suatu akun yang tidak di-follow penggunanya.

Situs The Next Web pada Rabu (20/8/2014) menulis bahwa Twitter secara formal telah mengubah definisi Timeline penggunanya dengan menampilkan konten yang sebenarnya tidak ingin dilihat oleh mereka.

Di halaman Support milik Twitter, jejaring sosial 140 karakter itu menambahkan definisi timeline-nya, yaitu pengguna bisa saja melihat konten dari akun yang tidak mereka follow.

Konten-konten tersebut bisa merupakan tweet promosi, retweet dari akun yang di-follow, atau konten yang sedang populer atau yang dinilai oleh Twitter relevan dengan penggunanya.

Dari mana Twitter menilai konten tersebut relevan atau tidak? Nampaknya Twitter memiliki algoritma untuk mengenali setiap kicauan. Jika ada logaritma yang sama, kicauan tersebut akan muncul di semua akun yang memiliki kemiripan, tak perduli apakah kicauan itu berasal dari akun yang di-follow atau tidak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan algoritma tersebut, Twitter disebut oleh The Next Web mempertaruhkan masa depannya pada kurasi data mereka sendiri, alih-alih kurasi manual yang dilakukan oleh penggunanya.

The Next Web juga menyoroti beragam perubahan yang dilakukan oleh Twitter selama beberapa tahun belakangan, seperti antarmuka yang baru, dan cara menampilkan teks dan foto.

Dengan terus mengubah-ubah Timeline mereka, maka penggunanya yang loyal selama ini bisa saja mulai meninggalkan Twitter, karena sudah tak lagi sama saat pertama kali mereka mengenalnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.