Kompas.com - 25/08/2014, 20:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Seiring dengan perpindahan ke frekuensi 2,3 GHz. Operator seluler Smartfren sudah menargetkan akan menggelar layanan 4G LTE selambat-lambatnya hingga akhir 2016 nanti.

Dengan menyediakan jaringan koneksi yang lebih cepat, segmen apa yang akan disasar Smartfren?

"Pada dasarnya layanan LTE itu berusaha memberikan layanan kecepatan tinggi dengan latensi yang kecil, ini menjadi tuntutan semua pengguna," Direktur Smartfren, Merza Fachys mengatakan.

Namun menurutnya, di masa mendatang masih ada industri yang akan sangat begantung pada layanan 4G LTE, seperti industri televisi dan video.

"Ke depannya, aplikasi data akan lebih banyak ke arah video, karena itulah yang membutuhkan bandwidth besar," ujarnya saat dijumpai di acara peluncuran Smartfren Andromax G2 Qwerty di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Dituturkan oleh Merza, bandwidth yang ada saat ini memang sudah mencukupi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis video.

Namun, lanjutnya, masih ada aplikasi-aplikasi video yang belum bisa dijalankan saat ini karena membutuhkan kecepatan dan bandwidth yang lebih besar. Aplikasi video itu baru bisa dijalankan di masa mendatang.  

"Nah, kebutuhan itu dijawab dengan 4G," demikian jelas Merza.

Lalu, apakah ke depannya layanan 4G LTE Smartfren akan mengincar industri video dan televisi online? Merza tidak mau menjelaskan lebih lanjut lagi.

Namun, di kesempatan yang sama, Head of smartphone Smartfren, Sukaca Purwokardjono mengatakan bahwa layanan 4G LTE Smartfren pada dasarnya ditujukan untuk semua segmen yang membutuhkan internet cepat, tidak spesifik industri tertentu saja.

"Kalau 4G tentunya kita akan bidik semua segmen, karena 4G adalah benefit semua konsumen," kata Sukaca. "Untuk enterprise juga pasti kita garap," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.