Instagram Hadirkan Aplikasi Hyperlapse

Kompas.com - 27/08/2014, 16:36 WIB
Ikon aplikasi Hyperlapse dari Instagram. InstagramIkon aplikasi Hyperlapse dari Instagram.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Instagram mengumumkan hadirnya aplikasi bernama Hyperlapse. Aplikasi yang berdiri sendiri ini mampu membuat video time-lapse kecepatan tinggi.

Time-lapse merupakan sebuah teknik menangkap gambar video ditangkap adegan per adegan, lalu diputar kembali sehingga menghasilkan efek "bergerak cepat". Misalnya, adegan bunga mekar yang butuh waktu beberapa menit jadi hanya beberapa detik saja.

Nah, selama ini istilah Hyperlapse digunakan untuk menyebut video time-lapse yang tampak lebih dinamis dan cepat karena dilakukan sambil bergerak atau menambilkan rangkaian gambar yang berubah sangat cepat. Istilah itu yang kemudian dijadikan nama aplikasi oleh Instagram.

Menariknya, pihak Instagram dalam keterangan resminya, Rabu (27/8/2014), mengklaim adanya teknologi image stabilization di aplikasi itu. Teorinya, teknologi ini memungkinkan rekaman video yang tidak stabil dapat distabilkan dan diperhalus secara instan.

Instagram menganut desain sangat sederhana dalam aplikasi ini. Saat dijalankan, setelah beberapa layar pengenalan, aplikasi ini langsung masuk ke layar pengambilan gambar / kamera.

Hyperlapse juga tidak membutuhkan login terlebih dahulu. Selesai merekam, video yang dihasilkan bisa disimpan dalam perangkat ataupun dibagikan ke layanan Facebook atau Instagram.

Sebelum disimpan, video yang direkam bisa diatur kecepatannya, dari 1x hingga maksimal 12x.

"Hyperlapse from Instagram" saat ini baru tersedia untuk perangkat berbasis iOS dari Apple melalui tautan berikut ini: https://itunes.apple.com/app/id740146917

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X