Kompas.com - 30/08/2014, 12:15 WIB
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.comPassword sungguh menyebalkan. Kita memilih angka atau kata yang sederhana dan mudah diingat, tetapi juga mudah ditebak oleh peretas.

Sementara itu, kita tetap juga melupakannya dan password sering sekali dicuri.

Pencurian 1,2 miliar password e-mail oleh peretas Rusia pada awal bulan ini hanya satu dari rangkaian panjang pembobolan keamanan password sehingga banyak orang bertanya-tanya apakah sudah saatnya mencoba sistem keamanan baru.

Namun, apa saja alternatifnya?

Satu opsi rendah biaya, menurut Dr Ant Allan, pakar keaslian di Gartner Research, bisa jadi berupa biometrik, menggunakan mikrofon, serta kamera dan kamera web yang terdapat di banyak komputer dan peralatan komunikasi bergerak.

Hal yang paling sederhana untuk mengakses sistem adalah melalui pengenalan wajah atau "pengecekan keaslian dengan selfie," demikian menurut Dr Allan karena dengannya pengguna hanya perlu melihat ke layar komputer atau ponsel pintar mereka.

Dia menambahkan, mengakses dengan menggunakan pengenalan suara juga dianggap efektif.

Keamanan untuk metode-metode ini bisa diperkuat dengan informasi kontekstual, seperti data GPS dari ponsel atau waktu pada hari itu.

Jika seorang pengguna berusaha mengakses suatu sistem pada jam atau lokasi yang tidak biasa, maka informasi pengecekan keaslian tambahan bisa diterapkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.