Kompas.com - 02/09/2014, 13:13 WIB
Ilustrasi istIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Menyusul bobolnya akun iCloud milik beberapa selebritas Hollywood, seperti Jennifer Lawrence dan Kate Upton pada Minggu (31/8/2014), Apple sebagai pemilik layanan iCloud, menyatakan sedang melakukan investigasi.

Pada Senin (1/9/2014), Apple mengatakan sedang aktif melakukan investigasi terhadap pembobolan akun layanan iCloud mereka.

"Kami sangat serius menangani privasi pengguna kami dan sedang melakukan investigasi akan laporan ini," ujar juru bicara Apple, Natalie Kerris seperti dilansir dari Recode.

Apple belum merinci secara pasti penyebab pembobolan tersebut. Namun, para peneliti di firma keamanan FireEye mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan serangan frontal yang bisa terjadi pada siapa saja.

FireEye juga mengatakan serangan itu sebenarnya bisa dihindari jika pengguna menggunakan verifikasi dua tahap saat mengakses akun. Namun, Apple dinilai terlambat dalam mensosialisasikan metode tersebut.

"Apple sedikit terlambat dalam menawarkan proteksi seperti itu (two steps verification), dan tidak mengiklankannya," ujar Darien Kindlund, Director of Threat Reseacrch di FireEye.

"Pengguna juga harus membaca buku manualnya dahulu sebelum mengetahui bahwa fitur itu sebenarnya ada," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Otentikasi dua tahap selain membutuhkan password juga membutuhkan kode tertentu yang dikirm melalui e-mail atau SMS ke nomor pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.