Indonesia Diminta Jaga Keamanan Internetnya

Kompas.com - 09/09/2014, 07:25 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Posisi Indonesia di peta internet dunia dianggap memiliki peanan yang penting, setidaknya menurut Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Karena itu, keamanannya menjadi faktor yang harus diperhatikan.

Berbicara di kesempatan pertemuan antara ICANN dengan delegasi Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF), Selasa (2/9/2014), Presiden dan CEO ICANN, Fadi Chehadé mengatakan bahwa Indonesia memiliki posisi penting dalam konteks tata kelola internet di kawasan regional, bahkan global.

"Indonesia memiliki pengaruh yang penting dalam tata kelola Internet global," demikian ditegaskan Chehadé. Karena itu, hal yang perlu diperhatikan oleh Indonesia ke depannya terkait dengan tata kelola internet adalah pada aspek keamanan infrastrukturnya.

"Seiring dengan semakin signifikannya penggunaan internet untuk transaksi ekonomi dan pemerintah, maka Indonesia perlu segera fokus pada persiapan dan penanganan keamanan infrastruktur Internet-nya,” demikian ujar Chehadé dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Senin (8/9/2014).

Pentingnya keamanan internet di Indonesia juga diamini oleh tim pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), Ashwin Sasongko.

Menurut Ashwin, Keamanan infrastruktur memang perlu diperhatikan oleh seluruh pemangku kepentingan Internet di Indonesia.

"Nah, sekarang bagaimana kemudian upaya keamanan tersebut bisa tetap mengedepankan potensi sumber daya dalam negeri," ujar Ashwin.

Ashwin berpendapat bahwa keamanan infrastruktur internet harus berjalan seiring dengan peningkatan kemampuan masyarakat Indonesia.

“Apapun yang terjadi dengan perkembangan tata kelola internet global, Indonesia harus mampu memberdayakan kemampuan sumber daya manusia maupun teknologinya untuk melakukan berbagai langkah antisipasi dan akselerasi,” ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X