Xiaomi Tambah "Server" di Luar Tiongkok

Kompas.com - 23/10/2014, 12:44 WIB
VIce President Global Xiaomi Hugo Barra ketika mendemonstrasikan kemampuan smartphone Xiomi Redmi 1S dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (27/8/2014) oik yusuf/ kompas.comVIce President Global Xiaomi Hugo Barra ketika mendemonstrasikan kemampuan smartphone Xiomi Redmi 1S dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (27/8/2014)
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bisnis Xiaomi sedang melaju pesat. Selain memasarkan produk smartphone-nya di Tiongkok, Xiaomi juga mulai berekspansi ke India dan Indonesia pada tahun ini. Untuk memberikan layanan online yang lebih baik, Xiaomi berencana memindahkan perangkat server-nya ke luar Tiongkok.

Rencana Xiaomi untuk menambah jumlah server-nya di luar Tiongkok diketahui dari akun Facebook Hugo Barra, Vice President Global Xiaomi. Hugo menulis pada Rabu (22/10/20140 di akun Facebook-nya bahwa dengan memindahkan server-nya, diharapkan pengguna layanan online Mi Cloud bisa mendapatkan pelayanan lebih kencang.

"Dengan migrasi ini, kami berharap bisa memangkas latensi request ke jaringan bagi pengguna di India hingga 350 ms, serta pengguna di Malaysia bisa mendapatkan sinkronisasi Mi Clod lebih cepat dua hingga tiga kali," demikian tulisnya.

Dikutip KompasTekno dari Techcrunch (22/10/2014), server-server Xiaomi tersebut akan diletakkan di data center Amazon AWS di Oregon, AS dan di Singapura. Dengan demikian, diharapkan layanan online termasuk MIUI Cloud Messaging dan fitur lain dalam MIUI ROM bisa diakses lebih cepat lagi.

"Pengguna di negara-negara tersebut akan lebih dekat dengan data mereka dan bisa terhubung dengan cepat melalui server lokal," terang Hugo.

Saat ini, data "MIUI service" menurut Hugo Barra sedang dalam masa pemindahan. Menurutnya, pemindahan data tersebut akan selesai sebelum akhir tahun 2014.

Xiaomi juga menegaskan keamanan data penggunanya di server-server baru itu. "Tujuan kami dengan memiliki arsitektur multi-site adalah meningkatkan performa dan layanan sekaligus menjaga standar keamanan sesuai dengan regulasi proteksi data yang berlaku di negara tersebut," terang Hugo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X