Menkominfo: Internet Indonesia Sudah Kencang

Kompas.com - 28/10/2014, 10:21 WIB
Menkominfo di Kabinet Kerja, Rudiantara Reska K. Nistanto/KompasTeknoMenkominfo di Kabinet Kerja, Rudiantara
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Menkominfo yang baru di Kabinet Kerja Jokowi, Rudiantara, juga telah menaruh perhatian terhadap akses internet cepat. Menkominfo baru ini juga ingin agar internet di Indonesia "merdeka" atau sekencang negara-negara seperti Singapura dan Korea.

Saat ditanya tentang akses internet cepat di sela acara serah terima jabatan di kantor Kemenkominfo, Senin (27/10/2014), Rudiantara mengatakan, sebetulnya internet di Indonesia sudah baik, tetapi masih banyak yang menginginkan kecepatan internet lebih kencang lagi.

"(Internet Indonesia) Baik sebetulnya, hanya kita maunya seperti Korea, kan?" ujar Rudiantara. "Semua bilang pengin merdeka bandwidth, siapa sih yang tidak ingin merdeka?" imbuhnya.

Menurut Rudiantara, kecepatan internet di Jakarta dan di kota-kota besar saat ini tidak kalah dengan negara lain. "Di dalam kotanya ya, tapi kalau (skala) internasional, kita kalah sama Singapura," terangnya.

Di Singapura, kata Rudiantara, akses internet internasionalnya mencapai 200 kali dibanding di Indonesia. "Di Singapura itu aksesnya 236 kali per kapita, Indonesia hanya satu koma sekian, hanya sedikit di atas Myanmar," kata Rudi.

Saat ditanya KompasTekno soal prioritas Kemenkominfo apakah lebih mementingkan internet cepat atau internet yang merata di Indonesia, Rudiantara mengatakan, prioritas Kemenkominfo adalah dua-duanya.

"Dua-duanya, kita enggak bisa nunggu, semua menjadi prioritas," ujarnya.

Namun, menurut Rudiantara, ke depannya kecepatan internet masih akan berbeda-beda di berbagai wilayah di Indonesia. Sebab, menurut dia, tiap daerah akan memiliki kendala sendiri-sendiri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X