Malware "WireLurker" Serang Produk Apple

Kompas.com - 06/11/2014, 17:24 WIB
Malware WireLurker dapat mencuri BBCMalware WireLurker dapat mencuri "berbagai jenis informasi" dari telepon genggam.
EditorReza Wahyudi
Malware baru yang menargetkan produk Apple sebagian besar mempengaruhi para pemakai di Cina, demikian peringatan yang disampaikan seorang peneliti pada perusahaan keamanan online.

Palo Alto Networks yang bermarkas di Amerika Serikat menyatakan "WireLurker" yang mempengaruhi komputer Apple dan sistem aplikasi telepon genggam sepertinya berasal dari Cina dan terutama mempengaruhi peralatan di negara tersebut.

Malware menyebar lewat aplikasi yang diunggah dari pihak ketiga dan dapat mencuri informasi.

Lebih dari 400 aplikasi yang terinfeksi telah diunggah sebanyak lebih dari 350.000 kali.

"WireLurker berbeda dengan apa yang pernah kita saksikan sebelumnya terkait dengan malware Apple iOS dan sistem operasi OS X," kata Ryan Olson, direktur intelijen perusahaan itu.

"Teknik yang digunakan mengisyaratkan adanya pemain jahat yang semakin canggih dalam menyalahgunakan desktop dan platform telepon genggam paling terkenal dunia."

WireLurker mampu memindahkan data komputer Mac Apple ke telepon genggam dengan menggunakan kabel USB.

Malware ini dapat mencuri "berbagai jenis informasi" dari telepon genggam yang terinfeksi dan secara teratur meminta pembaruan atau update dari server kontrol penyerang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X