Izin Turun, 4G Diharap Cepat Tumbuh

Kompas.com - 21/11/2014, 13:17 WIB
Menara base transceiver station (BTS) ShutterstockMenara base transceiver station (BTS)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Menara base transceiver station (BTS)

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersiap memberikan izin komersil untuk memulai layanan 4G LTE di frekuensi 900 MHz menjelang akhir tahun 2014.

Dengan diberikannya “lampu hijau” tersebut, Menkominfo Rudiantara berharap ekosistem 4G di Indonesia bakal terpacu untuk tumbuh sehingga sudah bisa dinikmati secara meluas oleh masyarakat mulai tahun depan.

“Kita perlu kesiapan ekosistem untuk me-manage ekspektasi masyarakat. Jangan sampai persepsinya 4G sudah ada di mana-mana tapi ternyata tidak,” ujar Rudiantara usai menghadiri acara ulang tahun Indosat ke-47 di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Penggelaran layanan 4G LTE, tambahnya, juga akan mendorong para vendor -baik handset maupun penyedia perangkat infrastruktur network- untuk memasukkan produk-produk yang mendukung jaringan berkecepatan tinggi itu agar memfasilitasi minat masyarakat dan mendukung ekosistem secara keseluruhan.

“Nah, perkiraan kami pada pertengahan 2015 nanti ekosistemnya sudah ramai handset-nya itu, lalu operator juga sudah membangun infrastruktur,” lanjut Rudiantara.

Mengenai izin komersil yang akan diberikan pada akhir 2014, Rudiantara menegaskan bahwa yang akan dikeluarkan pemerintah bukan regulasi final soal 4G LTE, tapi Surat Laik Operasi.

“Itu (Surat Laik Operasi) nanti diberikan setelah operator mengikuti proses ULO (Uji Laik Operasi),” katanya tanpa mengungkap operator seluler mana saja yang sudah mengajukan diri untuk mengikuti seleksi ULO.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.