Pabrik Ponsel di Semarang, Evercoss Mengaku Hemat

Kompas.com - 26/11/2014, 10:09 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
SEMARANG, KOMPAS.com - Bulan Juni lalu, pabrik baru Evercoss di Semarang, Jawa Tengah, memulai produksi gadget. Fasilitas yang berdiri di lahan seluas 2,5 hektar ini antara lain memproduksi smartphone Android seri A7A dan tablet AT1A.

Pihak Evercoss mengatakan bahwa lokasi di Semarang, tepatnya di Kawasan Industri Terboyo, bisa menghemat biaya ketimbang jika pabrik yang bersangkutan dibangun di Jakarta.

"UMR (Upah Minimum Regional) di sini masih Rp 1,4 juta. Kalau di Jakarta bisa Rp 2 jutaan, makanya ini efisiensi juga," kata Chief Marketing Officer Evercoss Janto Djojo dalam acara kunjungan pabrik di Semarang yang dihadiri Kompas Tekno, Selasa (25/11/2014).

Janto menjelaskan bahwa fasilitas pabrik Evercoss di Semarang kini mempekerjakan sekitar 300 orang karyawan di 4 lini produksi. Kapasitas produksi pabrik ini sekarang disebut mencapai 500 ribu unit per bulan, 2015 ditargetkan meningkat jadi 1 juta unit per bulan.

Oik Yusuf/KompasTekno
Pabrik Evercoss di Kawasan Industri Terboyo, Semarang.
Selain hemat dari segi ongkos pekerja, Direktur Evercoss Edward S. mengatakan pabrik di Semarang juga lebih irit dalam hal pajak dibandingkan mekanisme lama dengan cara impor langsung dari Tiongkok.

"Kalau impor dalam bentuk utuh kena PPn 10 persen dan PPh 7,5 persen, sementara kalau impor komponen seperti yang dilakukan di pabrik kena PPn 10 persen dan PPh 2,5 persen, jadi ada penghematan 5 persen," terang Edward.

PT Aries Indo Global selaku pemilik merek dagang Evercoss menganggarkan dana investasi Rp 1 triliun untuk pembangunan pabrik di Semarang.

Edward menjelaskan bahwa dari jumlah tersebut, sebesar 30 persen atau sekitar Rp 300 miliar sudah direalisasikan, sementara sisanya menunggu pembangunan pabrik lain seluas 8 hektar di kota yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.