Kompas.com - 15/12/2014, 12:53 WIB
Logo Microsoft MicrosoftLogo Microsoft
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Menyalakan fitur auto-update di sistem operasi Windows 7? Jika ya, bisa jadi Anda akan mendapatkan sebuah masalah yang cukup gawat, apabila tidak diselesaikan secepatnya.

Masalah seperti apa? Pada tanggal 10 Desember 2014 lalu, Microsoft merilis sebuah file pembaruan (patch) baru dengan nama kode KB3004394. Akan tetapi, bukannya menutup lubang keamanan yang ada, patch tersebut malah menimbulkan masalah baru.

Menurut Microsoft, seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Senin (15/12/2014), patch tersebut malah dapat menghalangi sistem operasi untuk meng-install update patch terbaru.

Hal ini tentunya sangat berbahaya, mengingat patch yang diluncurkan secara rutin oleh Microsoft biasanya ditujukkan untuk menutup lubang keamanan. Tanpa adanya patch tersebut, program jahat bisa bebas masuk ke sistem.

Untungnya, update terbaru ini hanya "menyerang" Windows 7. Sistem operasi Microsoft yang lebih baru, Windows 8, tidak terkena dampak masalah tersebut.

Cara menanggulangi masalah patch ini tidak terlalu sulit. Pengguna bisa mengunduh patch terbaru langsung dari Microsoft. Patch ini bisa didapatkan langsung melalui tautan berikut ini.

Jika sedang dalam keadaan tidak bisa terhubung dengan internet, pengguna bisa menghapus patch bermasalah ini secara manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caranya, masuk saja ke bagian "Control Panel", kemudian pilih "Programs & Features", dan pilih "View Installed Updates". Langkah terakhir, carilah patch KB3004394, klik kanan, dan pilih "Uninstall".Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Ubergizmo

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.