Instagram Bersih-bersih, Bieber Kehilangan 3 Juta Pengikut

Kompas.com - 20/12/2014, 08:01 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Instagram sedang "bersih-bersih" rumah. Dalam beberapa hari ini, situs berbagi foto ini menghapus jutaan akun yang diduga palsu dan sudah lama tidak aktif.

Bagi pengguna biasa, penghapusan akun tersebut, mungkin, tidak akan terlalu memberikan dampak yang buruk. Jumlah follower akun mereka tidak akan berkurang terlalu banyak.

Akan tetapi, kebijakan baru Instagram tersebut ternyata memberikan imbas yang cukup besar bagi para selebritas, terutama bagi 100 akun Instagram dengan jumlah pengikut terbanyak.

Penurunan follower dalam jumlah besar tersebut terlihat dari data yang dilansir oleh seorang pengembang web bernama Zach Alia.

Ini sekaligus mengungkapkan pengikut akun Instagram para selebritas ternyata kebanyakan palsu.

Berdasarkan data tersebut, seperti KompasTekno kutip dari The Verge, Jumat (19/12/2014), artis-artis terkenal dari dunia Barat mengalami penurunan follower dalam jumlah sangat drastis.

Sebagai contoh, follower penyanyi muda Justin Bieber menjadi 23 juta, berkurang 3.538.228 akun. Awalnya, akun artis asal Kanada itu diikuti oleh 23.817.614 akun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh lainnya, penyanyi musik rap Akon, mengalami penurunan dari 4.375.631 akun menjadi 1.916.385 akun. Total penurunan tersebut mencapai 56 persen.

Ironisnya, penurunan terbesar malah dialami oleh akun Instagram sendiri. Jumlah pengikut akun tersebut awalnya sebanyak 64.131.228 akun. Setelah penghapusan akun, kini pengikut perusahaan milik Facebook tersebut hanya sebanyak 45.251.017 akun saja.

Instagram sendiri belum lama ini mengumumkan bahwa jumlah pengguna aktif mereka telah menyentuh angka 300 juta. Jumlah tersebut lebih banyak dari pengguna aktif Twitter yang berada di angka 284 juta.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.