Xiaomi, Startup Teknologi Termahal di Dunia

Kompas.com - 30/12/2014, 22:07 WIB
Redmi Note saat menjalankan game Riptide 2 oik yusuf/ kompas.comRedmi Note saat menjalankan game Riptide 2
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Xiaomi resmi jadi perusahaan startup termahal di dunia. Predikat ini diraihnya setelah berhasil mendapatkan investasi senilai 1,1 miliar dollar AS. Investasi tersebut membuat nilai produsen gadget asal Tiongkok ini naik menjadi 45 miliar dollar AS.

Dilansir KompasTekno dari Financial Times, Selasa (30/12/2014), nilai tersebut menjadikan perusahaan berusia 4 tahun itu sebagai yang paling berharga di kalangan startup teknologi. Xiaomi menyaingi Uber yang baru saja mengantongi investasi senilai 1,2 miliar dollar AS. Perusahaan aplikasi layanan taksi Uber saat ini bernilai 40 miliar dollar AS.

“Investor-investornya antara lain adalah All-Stars Investment, DST, GIC, Hopu Fund dan Yunfeng Capital. Ini merupakan suatu pengakuan terhadap keberhasilan Xiaomi selama 4 tahun, dan merupakan fase baru untuk perusahaan,” tulis Lin Bin, Co-Founder dan President Xiaomi melalui laman Facebooknya.

“Kami akan melanjutkan inovasi untuk semua orang, dengan tujuan memproduksi perangkat genggam yang memberikan user experience yang hebat untuk pengguna. Pada Januari 2015 kami akan mengungkap perangkat andalan terbaru kami,” imbuhnya.

Xiaomi sendiri telah berhasil memimpin pasar di Tiongkok, negara asalnya. Bahkan perusahaan tersebut berhasil menyaingi Lenovo.

Lembaga riset IDC mengatakan pada akhir September ini, Xiaomi berhasil memikat 15 persen pangsa pasar, lebih tinggi ketimbang Lenovo yang hanya 13 persen saja.

Target "Apple-nya China" itu adalah menjual 60 juta unit smartphone. Mereka juga telah mengumumkan rencana tahun berikutnya untuk menjual 100 juta unit smartphone. Hal itu seiring dengan rencana mengekspor ke 10 negara, termasuk India, Malaysia serta Filipina.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X