Kompas.com - 13/01/2015, 10:50 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Situs belanja online, Lazada Indonesia, dilaporkan diretas oleh kelompok hacker atau peretas yang menamakan dirinya "Gantengers Crew" pada Senin (12/1/2015).

Pantauan KompasTekno pada Selasa pagi, tautan yang menuju halaman promo Lazada dengan URL http://promo.lazada.co.id/gc.php menampilkan halaman hitam dengan tulisan "Gantengers Crew pwnz u".

Sejauh ini, peretas terpantau hanya men-deface atau menggantikan tampilan sebuah halaman dalam di situs Lazada, bukan halaman utamanya.

Peretas juga meninggalkan pesan, "Tidak ada unsur menjatuhkan, politic, dll
cuman ngetest doang kok, no backdoor just nitip file Peace.... Lazada Got pwnz ??? lolz"

Identitas para peretas pun ditulis di bawahnya. Mereka menggunakan nama-nama seperti SultanHaikal, d3b~X, Index Php, Coup De Grace, Brian Kamikaze, dan Mdn_Newbie.

Situs Lazada Indonesia juga dimasukkan ke dalam daftar situs yang berhasil diretas oleh Gantengers Crew. Daftar tersebut mereka publikasikan di URL http://www.zone-h.org/archive/notifier=GantengersCrew/published=0

Pihak Lazada Indonesia, saat dihubungi KompasTekno melalui sambungan telepon, mengatakan sedang menyelidiki insiden peretasan ini.

"Iya, saya sudah dengar dari tadi pagi, sedang kami selidiki benar atau tidak," ujar sumber dalam Lazada Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.